Kendalikan Emosi Saat Interview

0rObhzauVxINTERVIEW adalah porses penjajakan antara perusahaan dan calon karyawan. Maka dari itu interview merupakan proses yang sangat penting dan harus dijalankan dengan hati-hati. Jika tidak, kesempatan emas bisa hilang begitu saja.  
Kesan pertama adalah hal yang mutlak dijaga saat wawancara. Sebab, pertemuan pertama menentukan proses penjajakan selanjutnya.
Kebanyakan pelamar kerja telah menyiapkan curriculum vitae (CV) semenarik mungkin, penampilan yang bagus dan rapi, serta menyusun perkenalan diri secara terstruktur. Meski hal tersebut penting, namun ada hal yang lebih kursial untuk dinilai, yakni emosi.
Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau reaksi terhadap suatu stimulan. Maka, hal yang perlu kamu tunjukkan adalah kestabilan emosi.

Tidak jarang para pelamar kerja menangis saat diinterview. Ada yang menangis karena menumpahkan kesedihannya atas kondisi keluarga. Atau bahkan ada yang menangis karena baru putus cinta atau gagal menikah. Sebaiknya hal-hal yang demikian jangan ditunjukkan, sebab ini mempengaruhi penilaian.
 
Perlu disadari, bekerja di sebuah perusahaan pada prinsipnya dibutuhkan team work solid, yang didukung dengan sikap kedewasaan. Bagaimana ceritanya kalau ada salah satu tim yang tempramental atau sangat sensitif, tentu hal ini akan mengganggu iklim kerja.
 
Supaya proses interview berjalan dengan baik, maka ada beberapa tips Kampus Okezone yang perlu diketahui, yakni:
 
1. Kelola Emosi
Jika kamu memiliki permasalahan yang berat dan sulit  untuk dilalui, maka alihkan lah emosi. Caranya bisa curhat dengan orang yang kamu percayai, melakukan aktivitas yang membuatmu lebih tenang. Usahakan saat interview kamu tampil prima, percaya diri, dan meyakinkan. Hal yang harus kamu tanamkan adalah, jangan sia-siakan kesempatan dan berpikirlah secara jangka panjang.
 
2. Jangan Berasumsi
Interview merupakan sebuah proses yang harus dijalani dengan jujur.  Jadi pihak penginterview biasanya melontarkan pertanyaan yang menggocek konsistensi calon pekerja. Jadi, jangan bergumul dalam hati. Jawablah semua pertanyaan dengan baik, jangan dilebihkan dan jangan dikurangi.
 
3. Jangan mengambil posisi lebih tinggi
Dalam menjawab sejumlah pertanyaan, usahakan jawaban sesuai dengan porsinya. Jangan bersikap sombong. Bersikaplah yang wajar, bersahaja tetapi tetap berwibawa.
(rhs)/okezone.com